(024) 76404447 dmsdp@undip.ac.id

Semarang, Senin | 11 Oktober 2021

Ujian akhir tertutup menjadi penghujung dari perjalanan seorang mahasiswa doktor di Universitas Diponegoro. Tahapan dalam meraih gelar Doktor tidaklah mudah, melalui berbagai seminar, penelitian, dan proses menulis artikel ilmiah yang begitu penuh perjuangan. Pada tanggal 11 Oktober 2021, Prodi S3 MSP Kembali melahirkan doktor baru yang ke-164 a.n Dr. Andi Prasetiawan, S.SiT, MM yang tercatat sebagai mahasiswa doktor pada tahun 2017.

Ujian akhir tertutup berlangsung secara daring a.n Andi Prasetiawan S. SIT., MM dari Program Doktor Manajemen Sumberdaya Perairan melalui Zoom Meeting pada pukul 10.00-12.30 WIB. Dalam paparan disertasinya yang berjudul “Transformasi Pelayaran Rakyat (Pelra) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam Mendukung Tol Laut Sebagai Poros Maritim”. Promovendus mengemukakan bahwa Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam program tol laut memiliki posisi yang strategis sebagai Pelabuhan pengumpan serta penghubung aktivitas pelayaran kapal dengan kapal pelayaran rakyat. Kepakaran yang dimiliki yakni dalam bidang marketing, operasional kapal dan sertifikasi kompetensi. Sebelumnya Dr. Andi Prasetiawan memiliki pengalaman bekerja sebagai Staff operasional, Pengawas pengiriman Domestik batubara (Shipment dan Transhipment), Manager Operasional pada PT. Mitra Bahtera Segara Sejati Tbk, Manager Operasional dan Crewing PT. Transpower Marine Tbk. Saat ini, beliau bekerja di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan bertugas sebagai Ketua LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi PIP Semarang).

Ujian akhir tertutup dipimpin oleh Prof. Dr. Aristi Dian Purnama Fitri, S.Pi., M.Si. (Wakil Dekan II FPIK), selaku Pimpinan sidang dan didampingi oleh Dr. Aninditia Sabdaningsih, S.Si., M.Si (Ketua Program Studi), selaku Sekretaris Sidang Ujian dengan Anggota Tim Penguji terdiri dari; Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si. (Penguji Eksternal) dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta; Prof. Dr. Ir. Azis Nur Bambang, M.S. (Penguji Internal); Dr. Okto Risdianto Manullang, S.T., M.T. (Penguji Internal); Dr. Dian Wijayanto, S.Pi., MM., M.SE. (Co – Promotor); Dr. Winarno, S.ST., M.H. (Co – Promotor) dan Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA. (Promotor). Dr. Andi Prasetiawan, S.Si.T., M.M menjadi lulusan Program Doktor Manajemen Sumberdaya Perairan FPIK Universitas Diponegoro ke 164 dengan predikat CUMLAUDE.

Selamat dan sukses atas gelar barunya Dr. Andi!  Terus berkarya dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat, menjaga nama baik Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta almamater tercinta Universitas Diponegoro.