(024) 76404447 dmsdp@undip.ac.id

Telah dilaksanakan kuliah umum atau seminar online yang berlangsung pada Rabu,18 Agustus 2021 pada pukul 09.30-12.00 WIB melalui Zoom dan Live Streaming YouTube dengan topik pembicaraan Peran LIPI dalam Kajian Resiko Bencana untuk Penanggulangan Bencana Pesisir. Opening speech oleh Dekan FPIK Undip yaitu Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D. yang menyambut pembicara, moderator serta semua partisipan yang telah bergabung. Topik pembicara yang relevan secara internasional yang dibawakan oleh Prof. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., Ph.D (Deputi Bidang Ilmu pengetahuan Kebumian, LIPI) dengan moderator Ir. Max. R. Muskananfola, M.Sc., Ph.D. (Departemen Sumberdaya Akuatik FPIK Undip).

Sumber bencana pesisir adanya perubahan iklim yang dipengaruhi aktifitas manusia, yang menyebabkan kerusakan bumi secara biologis sehingga juga berdampak pada ekosistem.  Kemiskinan mampu meningkatkan risiko bencana, bencana yang terjadi mampu menimbulkan kerugian yang cukup besar di negara-negara berkembang. LIPI berusaha memberikan kapasitas untuk penanganan serta kesiapsigaan dalam penanggulangan bencana. Dalam strategi penanggulangan bencana pesisir khususnya LIPI membuat peta potensi bencana hidromeateorologi dan membutuhkan data dari BMKG sehingga perlu adanya koordinasi.  Selain itu LIPI memiliki system peringatan dini bencana guna mengurangi tingkat resiko bencana untuk korban jiwa dan kerugian.

Kehadiran keseluruhan dari kegiatan ini berkisar 300 partisipan dari Kementrian, BMKG, LIPI, Mahasiswa, serta umum. Harapannya adanya kegiatan ini adalah mampu memberikan gambaran dalam menanggapi permasalahan bencana pesisir sehingga adanya program-program penanggulangan bencana yang dapat dilakukan (FS).