(024) 76404447 dmsdp@undip.ac.id

Seminar Online | Rabu, 6 Oktober 2021

Kegiatan seminar online berlangsung secara virtual melalui (Zoom meeting dan Live Streaming di Channel Youtube “Dept. Sumber Daya Akuatik FPIK UNDIP”) dengan topik bahasan Perlindungan Biodiversitas Laut: Linking Knowledge to Action.

Seminar dibuka oleh Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D. selaku Dekan FPIK Undip yang telah menyambut dengan baik serta memberikan sedikit ulasan mengenai topik yang akan dibahas. Narasumber pada seminar adalah Prof. Dr. Ir. Hadi S. Alikodra, MS. (Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor) dengan dimoderatori oleh Prof. Norma Afiati, M.Sc. Ph.D. (Departemen Sumberdaya Akuatik, FPIK Undip).

Materi yang dibawakan oleh Prof. Hadi Alikodra membicarakan tentang pentingnya hubungan timbal balik organisme makhluk hidup dengan ekosistem yang ada sehingga perkembangan perlindungan biodiversitas akan seimbang. Adanya konservasi sebagai penunjang dalam menjamin pembangunan kesejahteraan sumberdaya yang berkelanjutan sehingga terwujudnya Indonesian marine biodiversity bagi kebahagiaan umat. Permasalahan yang sering terjadi ketika banyaknya institusi yang kurang memahami strategi pengembangan dan perlindungan sehingga mengakibatkan penurunan kapasitas aksi perlindungan biodiversitas.

Kegiatan ini diikuti oleh 143 partisipan yaitu mahasiswa, dosen, ASN, peneliti, penyuluh dan umum yang berasal dari instansi beberapa Universitas, BPPP Bitung, Loka KKPN Pekanbaru, Bappelitbangda, BRPPUPP, PSDKP Pontianak, Dinas Perikanan, BTNKJ, Sekolah Menengan Atas, KKP, STKI, SKIPM, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Umum.

Harapan adanya seminar online ini adalah memberikan wawasan terbaru mengenai perlindungan biodiversitas yang dapat menjamin kesejahteraan sumberdaya sehingga dapat membangun program-program seperti konservasi dalam menunjang tujuan tersebut (FS).